Sulitnya Mencari Bahan Baku Obat Pembasmi Hama

Casba
 Untuk memberantas hama yang menyerang pada beberapa jenis tanaman, sejumlah petani di Kabupaten Kuningan tidak hanya mengandalkan obat kimia. Tapi juga menggunakan obat pemberantas hama buatan yang diproses dan memanfaatkan bahan baku tradisional.

Sayangnya, bahan baku untuk membuat obat tradisional pemberantas hama itu kini sulit didapat. Seperti dialami sejumlah petani di Desa Koreak, Kecamatan Cigandamekar, Kabupaten Kuningan, yang mengaku kesulitan mencari bahan baku obat pemberantas hama tersebut.

“Dulu memang banyak petani di desa ini yang biasa menggunakan obat pembasmi hama buatan, namun karena bahan bakunya tidak ada akhirnya menggunakan pestisida yang dijual di toko obat pertanian,” kata Casba (67), salah seorang petani Desa Koreak, kepada kuninganmedia.com.

Menurut Rasba, dulu beberapa tahun lalu bahan baku p obat pembasmi hama buatan itu cukup banyak seperti Kecubung, Gadung, Rebung bambu tali, Berenuk, Batrawali dan jenis tanaman lainnya. Tapi kini jenis tanaman itu jarang ditemukan. “Kalau bahan baku itu ada, tentu petani bisa lebih hemat biaya karena prosesnya mudah, bahan baku itu direbus dan disimpan selama seminggu baru disemprotkan ke bagian tanaman,” jelasnya.
 
Sumber : Kuningan Media

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh johan uhan pada 09.16. dan Dikategorikan pada , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

0 komentar untuk Sulitnya Mencari Bahan Baku Obat Pembasmi Hama

Tinggalkan Komentar

BOGOR

.

BEKASI

Pengunjung Online

Jumlah Pengunjung

2010 Lintas Kuningan. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Kuningan