Kusir Delman Harus Diberi Pengarahan Lalulintas

Kuningan dikenal sebagai Kota Kuda yang notabene terdapat banyak delman yang beroperasi di wilayah jantung kota Kuningan. Keberadaan transportasi roda dua yang ditarik oleh kuda ini di Kuningan sudah menjadi tradisi sejak dahulu. Namun, keberadaan delman ini membawa efek negatif bagi lalu lintas di kabupaten Kuningan jika tidak kelola dengan baik. Pasalnya, masih banyak saja kusir delman yang tidak mengindahkan peraturan lalu lintas karena peraturan itu dianggap tidak berlaku bagi delman.

Keberadaan delman di Kuningan merupakan potensi yang baik untuk dijadikan instrumen pariwisata. Ditambah dengan adanya event pacuan kuda tradisional yang digelar oleh pemkab Kuningan beberapa waktu lalu membuat tradisi Kuningan semakin dikenal di daerah luar. Namun, di satu sisi terjadi banyak kritikan dan keluhan dari masyarakat terkait dengan kusir delman yang kurang disiplin.

Aktifis mahasiswa Universitas Kuningan, Tommy Henanda kepada Kuningan News, Kamis (8/9) mengatakan, dirinya mendukung keberadaan delman di kabupaten Kuningan. Sebab, tidak etis jika identitas Kota Kuda untuk Kuningan tidak dibarengi oleh keberadaan delman. Namun, dirinya menganjurkan agar keberadaan delman ini dikelola dengan lebih baik lagi, agar lalu lintas Kuningan tetap kondusif.

“Saya kira, harus ada diseminasi (pengarahan,red) kepada para kusir di Kuningan mengenai ketertiban lalu lintas. Sehingga, delman yang selama ini dipandang oleh masyarakat sebagai penggangu lalu lintas ini dapat lebih tertib,”terangnya.

Selain itu kata Tommy, delman pun harus dilengkapi stikcer reflektor safety agar lebih jelas terlihat di malam hari. Kemudian wadah penampung kotoran kuda pun musti diperbaiki agar lebih maksimal dalam menampung kotoran kuda. Sehingga kotoran itu tidak berserakan di jalan yang dapat mengakibatkan nuansa kotor kota Kuningan. “Pokoknya jika keberadaan delman di Kuningan lebih diatur kembali, tentu saja Kuningan dapat lebih baik lagi dalam sektor pariwisata. Karena, sebenanya kuda ataupun delman merupakan potensi yang sangat luar biasa untuk mendatangkan wisatawan luar,”pungkasnya.
 

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Bang Apooh pada 08.49. dan Dikategorikan pada , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

0 komentar untuk Kusir Delman Harus Diberi Pengarahan Lalulintas

Tinggalkan Komentar

BOGOR

.

BEKASI

Pengunjung Online

Jumlah Pengunjung

2010 Lintas Kuningan. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Kuningan