Ratusan Layang-layang Membelah Langit Kuningan

Ratusan layang-layang hias mengangkasa membelah langit yang cerah pada Parade Layang-layang yang digelar pemkab Kuningan, di open space gallery Linggarjati, Kamis (8/9). Layang-layang yang terbang beraneka bentuk dan ukuran ini diikuti oleh seluruh dinas di lingkungan pemkab Kuningan serta masyarakat umum.

Dari sekian banyak layang-layang yang ikut serta, ada beberapa peserta yang menampilkan layangan yang unik, yaitu berbentuk seekor naga dengan panjang sekitar sepuluh neter dan layangan berbentuk sebuah kotak. Bahkan, peserta dari kecamatan Cidahu menampilkan layangan berukuran raksasa, 8x4 meter, namun sayang layangan tersebut tidak bisa diterbangkan dengan sempurna.

Hal menarik lainnya dari parade layang-layang yang digelar setiap tahunnya ini, seluruh peserta, termasuk didalamnya Dandim 0615 Kuningan, Letkol Kav Sugeng W Aji dan Ketua DPRD Kuningan, H Acep Purnama, SH, MH terpontang panting mengendalikan layang-layang yang sudah terbang mengangkasa. Tak pelak, masyarakat yang melihatnya langsung tertawa lepas, seolah semua permasalahan yang ada hilang tak berbekas.

“Untuk menerbangkan sebuah layang-layang yang besar ini, membutuhkan 15 sampai 30 orang. Ada yang bertugas mengusung layang-layang, mengulurkan benang yang talinya berukuran besar, menggulung benang, hingga menariknya beramai-ramai,”kata Dandim 0615 Kuningan, Letkol Kav Sugeng W Aji kepada Kuningan News disela-sela mengendalikan layang-layangnya.

Mengendalikan layang-layang berukuran besar ini kata Sugeng, tidak mudah. Membutuhkan koordinasi yang teratur untuk bisa menjaga-layang-layang tetap mengangkasa. Salah mengendalikan, layangan akan terjatuh meluncur dari angkasa menghujam ke tanah. Tak sedikit, layang-layang yang batangnya patah setelah menghujam tanah. “Tadi layangan saya terputus dua kali, ini yang ketiga kalinya. Mungkin ini akibat terjadi geseken tali layangan satu dengan yang lainnya serta jaraknya sangat berdekatan, hingga layangan saya terputus talinya. Layang-layang ini membutuhkan banyak angin. Jika angin kecil dan salah menerbangkannya, maka layangan yang indah ini tidak akan mengangkasa dengan sempurna,”paparnya sambil menyeka peluh seusai menerbangkan layangannya.

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Bang Apooh pada 09.13. dan Dikategorikan pada , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

0 komentar untuk Ratusan Layang-layang Membelah Langit Kuningan

Tinggalkan Komentar

BOGOR

.

BEKASI

Pengunjung Online

Jumlah Pengunjung

2010 Lintas Kuningan. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Kuningan