Aang Terima Anugrah Pengembangan Kota Hijau

Atas dasar kosistensi terhadap pengembangan kota hijau, Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda S.Sos bersama 59 Kabupaten/Kota se-Indonesia menerima anugrah Pengembangan Kota Hijau dari Kementrian Pekerjaan Umum Republik Indonesia, di aula auditorium gedung SDA dan Penataan Ruang Kementerian PU Jakarta, Senin (7/11).

Bupati Kuningan didaulat untuk menerima Cindera Mata dari Dirjen Perkotaan Kementrian Pekerjaan Umum dan menjadi perwakilan dari 60 Kabupaten/kota untuk memberikan sambutan. Selain itu, 59 pimpinan daerah lainnya menandatangi piagam komitmen kota hijau. Diantaranya, kota Medan, Yogyakarta, Makasar, Mataram, Bandar Lampung, Kabupaten Sukoharjo dan Tasikmalaya.
Dalam sambutannya, Bupati Kuningan, H Aang Hamid Suganda S.Sos yang terkenal sebagai Bupati yang peduli lingkungan mengatakan, bentang alam Kabupaten Kuningan sebagian besar merupakan perbukitan dan pegunungan dengan puncak tertinggi Gunung Ciremai yang berketinggian 3.078 m. Hanya sebagian kecil dari wilayah Kabupaten Kuningan yang merupakan pedataran yang terkonsentrasi di bagian tengah dan timur.
“Untuk itu, Kabupaten Kuningan merupakan penyangga bagi daerah-daerah yang ada disekitarnya terutama daerah Ciayumajakuning,”katanya.
Kabupaten Kuningan kata Aang, bukan hanya sebagai penyokong tumbuh kembangnya perekonomian di wilayah Ciayumajakuning, juga menjadi daerah sistem penyangga kehidupan bagi masyarakat di wilayah tersebut, khususnya dalam hal penyediaan sumberdaya air.
“Dengan kondisi tersebut, kesejahteraan masyarakat di wilayah Cirebon sedikit banyak dipengaruhi oleh keadaan basis alam di Kabupaten Kuningan yang menyediakan jasa lingkungan ketersediaan air. Basis alam tersebut, terutama Kawasan Gunung Ciremai yang salah satu fungsinya adalah sebagai Daerah Tangkapan Air (catchment area),”paparnya.
Sementara, Dirjen Penataan Ruang, Imam S. Ernawi mengatakan, 60 pimpinan daerah telah menyatakan komitmennya untuk mewujudkan daerah yang aman, nyaman, produktif serta berkelanjutan. Para Wali Kota dan Bupati telah menandatangani piagam komitmen kota hijau pada peringatan puncak hari tata ruang 2011 di aula auditorium gedung SDA dan Penataan Ruang Kementerian PU yang  disaksikan Wakil Menteri PU, Ahmad Hermanto Dardak.
“Untuk mewujudkan kota hijau, setiap daerah harus menyiapkan rencana dan desain yang sensitif terhadap agenda hijau. Kemudian, peran serta masyarakat dalam pengembangan kota dan perwujudan Ruang Terbuka Hijau (RTH) minimal 30 persen dari luas wilayah kota/kabupaten,”terangnya.
Pada Rabu besok lanjut Imam, Kabupaten Kuningan akan menerima Alokasi Dukungan Pembangunan SARPRAS Pemerintahan yang dibiayai oleh APBN tahun anggran 2012 melalui mekanisme tugas pembantuan. “Kabupaten Kuningan merupakan satu-satunya Kabupaten di Pulau Jawa yang menerima

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Bang Apooh pada 09.03. dan Dikategorikan pada , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

0 komentar untuk Aang Terima Anugrah Pengembangan Kota Hijau

Tinggalkan Komentar

BOGOR

.

BEKASI

Pengunjung Online

Jumlah Pengunjung

2010 Lintas Kuningan. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Kuningan