Dosen Unpad Gelar Pelatihan Jurnalistik

Sebanyak 21 dosen dari Program Studi Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad Bandung, menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan hubungan media, di Aula Bappeda Rabu (14/12). Kegiatan ini merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dipenuhi oleh dosen, selain penelitian dan pendidikan.

Pada sesi pertama Pelatihan Hubungan Media yang disampaikan oleh Drs. Aceng Abdulah, berlangsung sangat menarik. Pembicara dihujani pertanyaan oleh para peserta, seputar trik menghadapi pers. Bahkan beberapa peserta mengusulkan follow up dari kegiatan ini, karena dapat membantu para aparatur menghadapi pelaku media sehingga tercipta hubungan yang harmonis di antara keduanya.

Sementara di lokasi lain, kegiatan pelatihan internet blogging juga dipenuhi para siswa SMA yang mempraktekkan langsung materi yang diberikan. Rata-rata siswa memang sudah tidak asing dengan internet dan kegiatan blogging. Namun dalam pelatihan tersebut diberikan cara mengelola blog masing-masing, agar isi blog dibaca para blogger lainnya serta membuat blog menarik, tanpa kehilangan kesantunannya.

Ketua Program Studi Jurnalistik Fikom Unpad, Dra. Herlina, M.T dalam laporannya mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat kali ini dipusatkan di Kabupaten Kuningan yang meliputi, Pelatihan Hubungan Media bagi para kepala SKPD se-Kabupaten Kuningan, Pelatihan Teknik Presentasi bagi para pejabat Esselon III di lingkup Pemkab Kuningan.

Selain itu, Pelatihan Penulisan Artikel bagi guru SMA/sederajat, Pelatihan Internet Blogging bagi siswa SMA/sederajat, Pelatihan Video Shooting bagi aparatur di lingkup Pemkab Kuningan, Pelatihan Manajemen Radio Siaran bagi pengelola radio siaran di Kabupaten Kuningan, serta Pelatihan Jurnalistik Pemula bagi pengurus OSIS SMP se-Kabupaten Kuningan.

“Lokasi kegiatan akan dilaksanakan di tiga lokasi berbeda, yaitu Aula Bappeda, SMAN 1 Kuningan, dan SMPN 1 Kuningan,”katanya

Sementara, Wakil Bupati Kuningan H. Momon Rochmana dalam sambutannya mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan seperti ini. Dengan keterbatasan dana serta sumber daya aparatur, kegiatan seperti ini sangat membantu pemerintah daerah untuk memenuhi kekurangan-kekurangan yang ada. “Saya berharap kerjasama yang baik ini akan terus berlanjut dalam bidang dan kesempatan yang lain. Saya mengimbau kepada peserta pelatihan untuk menimba ilmu dan memanfaatkan kesempatan tersebut, sehingga dapat diimplementasikan dalam melaksanakan tugas sebagai abdi masyarakat,”paparnya.
 

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Bang Apooh pada 12.00. dan Dikategorikan pada , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

0 komentar untuk Dosen Unpad Gelar Pelatihan Jurnalistik

Tinggalkan Komentar

BOGOR

.

BEKASI

Pengunjung Online

Jumlah Pengunjung

2010 Lintas Kuningan. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Kuningan