Orang Jepang dan Uniku Hijaukan Kawasan Ciremai

Fakultas Kehutanan Universitas Kuningan (Fahutan Uniku) bekerja sama dengan Pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA), saat ini tengah berupaya menghijaukan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).

Berbagai jenis pohon ditanam dalam upaya memulihkan kawasan hutan melalui gerakan restorasi yakni pemulihan ekosistem hutan sesuai ekosistem aslinya.

Ketua Panitia Pelaksana, Ukas Suharfaputra, M.P., didampingi aktivis Uniku Jajang Nuramin, S.Hut., menyebutkan kepada “PRLM”, seusai melakukan penanaman di Desa Setianegara Kec.Cilimus Kab.Kuningan, Rabu (7/12), kegiatan melalui projek Pembangunan Kapasitas dalam Upaya Restorasi Kawasan Konservasi (Project on Capacity Building for Restoration of Ecosystems in Conservation Areas), dilaksanakan di Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai seluas 25 Ha, yakni berlokasi di Resort Darma (Blok Karangsari, Desa Karangsari, Kec. Darma) seluas 10 Ha, di Resort Cilimus (Blok Lambosir, Desa Setianegara, Kec. Cilimus) seluas 10 Ha serta di Resort Mandirancan (Blok Seda, Desa Seda, Kec. Mandirancan) seluas 5 Ha.

Fakultas Kehutanan Uniku, kata Ukas, berperan sebagai mitra BTNGC dan JICA dalam pelaksanaan kegiatan restorasi selama lima tahun, yaitu mulai dari 2011 sampai dengan tahun 2014 mendatang. Kegiatan restorasi tersebut tidak terlepas dari peran aktif masyarakat setempat di daerah kawasan hutan, melalui Kelompok Kerja (Working Groups) yang dibentuk Fakultas Kehutanan.

“Kami dari Uniku, berperan mulai dari tahap persiapan, meliputi penyiapan persemaian, pengumpulan dan pembuatan tanaman dan pemeliharan bibit di persemaian, penyiapan lahan tanam dan penanaman serta tahap akhir berupa pemeliharaan dan pengamanan lokasi restorasi,” paparnya. Jenis pohon yang ditanam tahap awal berupa Kedoya, Kareumbi, Salam, Huru, Caruy yang seluruhnya merupakan jenis tanaman endemik Gunung Ciremai, yang dihasilkan dari persemaian kelompok kerja masyarakat desa di sekitar lokasi kegiatan. 
 

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Bang Apooh pada 07.53. dan Dikategorikan pada , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

0 komentar untuk Orang Jepang dan Uniku Hijaukan Kawasan Ciremai

Tinggalkan Komentar

BOGOR

.

BEKASI

Pengunjung Online

Jumlah Pengunjung

2010 Lintas Kuningan. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Kuningan