Kuningan Miliki Potensi Wisata Berbasis Lingkungan


 

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kuningan menggelar Seminar Kegiatan Penelitian Pengembangan Strategi Kabupaten Konservasi dan Kajian Pariwisata Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kuningan.

Seminar sehari dilaksanakan di RM Mayang, Kamis (24/5). Tiga orang tim peneliti potensi konservasi dari Universitas Kuningan dan Unswagati Cirebon dihadirkan sebagai pemateri di hadapan puluhan peserta.
 
Kepala Bappeda Kabupaten Kuningan Dian Rahmat Yanuar mengatakan, bahwa Kabupaten Kuningan sebagai kabupaten konservasi adalah merupakan kebijakan yang bertujuan mengintegrasikan prinsip, batasan, dan kerangka penggunaan dari sudut pandang konservasi kepada elemen pembangunan.
 
Elemen pembangunan itu sendiri terdiri dari produk hukum, rencana pembangunan, penataan ruang, perizinan, layanan sosial dan pembangunan watak serta karakter budaya konservasi kepada masyarakat.
 
Menurut Dian, kegiatan konservasi yang dimaksud tidak sekedar berada dalam konteks lingkungan semata, namun semua aspek pembangunan di daerah. Hal ini tentu membutuhkan strategi khusus untuk meletakkan dasar bagi pelaksanaan kabupaten konservasi.
 
Diharapkan melalui seminar penelitian ini, strategi pada bidang pendidikan, ekonomi, dan sosial budaya berbasis konservasi dapat diimplementasikan.
 
Sementara, tim peneliti dari Universitas Swadaya Gunung Djati, DR. Ida Rosidah mengatakan, berdasarkan penelitian yang ia lakukan, ternyata Kuningan memiliki potensi pariwisata berbasis lingkungan yang sangat luar biasa.
 
Hanya saja potensi tersebut belum dapat dimaksimalkan untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Menurutnya, Kuningan akan dapat meningkatkan PAD dari sector pariwisata jika potensi konservasi dimaksimalkan.
 
Sumber : bipnewsroom

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Unknown pada 17.13. dan Dikategorikan pada , , , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

0 komentar untuk Kuningan Miliki Potensi Wisata Berbasis Lingkungan

Tinggalkan Komentar

BOGOR

.

BEKASI

Pengunjung Online

Jumlah Pengunjung

2010 Lintas Kuningan. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Kuningan