Obyek Wisata Siapkan Atraksi Lebaran

TOTO SANTOSA/"PRLM"
OBYEK wisata Waduk Darma, sering dijadikan sebagai primadonanya tempat wisata di Kabupaten Kuningan sehingga tak heran pada setiap hari libur lebaran, ribuan pengunjung tumplek di tempat rekreasi yang memiliki sekira 400 hektare dengan mampu menampung 38 juta meter kubik air ini, Senin (13/8).*
Puluhan ribu wisatawan dari berbagai daerah, diperkirakan akan tumplek mengunjungi sejumlah obyek wisata yang ada di Kab.Kuningan pada lebaran tahun 1433 H/2012 Masehi ini. Sejumlah tempat wisata pun kini tengah mempersiapkan berbagai atraksi untuk disuguhkan kepada para pengunjung lebaran mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab.Kuningan Drs.Tedi Suminar, menyebutkan, Senin (13/8), pihaknya sudah meminta kepada para pengelola obyek wisata yang ada di Kab. Kuningan untuk berbenah diri termasuk mempersiapkan berbagai fasilitas dan sarana termasuk atraksi hiburan, menyambut datangnya para pengunjung lebaran yang diprediksi bakal membludak pada hari H hingga H+7 yang biasanya setiap idul fitri berkunjung ke tempat-tempat rekreasi pada saat lebaran.

”Kami sudah meminta kepada semua obyek wisata dan hotel agar mempersiapkan dengan mengecek semua sarana dan fasilitas yang ada dengan dilakukan monitoring langsung ke obyek wisata. Di setiap lokasi, rata-rata ada kegiatan hiburan seperti pentas seni, dangdut, rumah hantu bahkan ada atraksi lumba-lumba,” ujar Tedi.

Seperti di obyek wisata Waduk Darma, yang merupakan obyek wisata primadona merencanakan berbagai acara hiburan, mulai train tenaga listrik, out bond, pentas seni tradisional termasuk disediakannya panggung hiburan dangdut.

Kondisi Waduk Darma saat ini airnya tengah menyusut, diharapkan menjadi keindahan tersendiri karena air Waduk Darma biasa menyusut hanya terjadi di saat kemarau dan di tengah waduk ada sebuah bukit kecil yang hanya bisa dilihat pada saat airnya menyusut.

Obyek wisata Waduk Darma, sering dijadikan sebagai primadonanya tempat wisata sehingga tak heran pada setiap hari libur apalagi pada saat lebaran, puluhan pengunjung kanak-kanak sampai dewasa, pria dan wanita tumplek di tempat rekreasi yang memiliki sekira 400 hektare dengan mampu menampung 38 juta meter kubik air, yang selama ini dimanfaatkan PDAM maupun untuk mengairi ribuan hektar areal tanaman tebu di wilayah Cirebon Timur.

Obyek wisata lainnya yang sering dijadikan sasaran para pengunjung lebaran, diantaranya mata air keramat Darmaloka yang danaunya berbentuk tulisan Muhammad (dalam huruf Arab), Sumur tujuh di Cibulan patilasan dan tempat bersemedinya Sang Hyiang Prabu Siliwangi yang konon bila cuci muka dengan air tersebut, bisa awet muda, mudah rezeki, mudah jodoh maupun tampak lebih perkasa.

Obyek wisata kolam renang Cigugur yang di dalamnya terdapat ribuan ekor ikan ”dewa” yang dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai peninggalan wali sanga saat menyebarkan Agama Islam di Kuningan dan kini ditanami ikan nilem.

Ikan itu sebagai ikan terapikesehatan serta Komplek Linggarjati Indah tempat bermain akan-anak, dengan disediakan sepeda air, water boom, arena out bond dan kolam renang berkelas nasional termasuk Open Space Galerry arena tempat bermain bahkan bisa dijadikan arena untuk botram dengan pemandangan Gunung Ciremai.

Tempat wisata lainnya Gedung Naskah Linggarjati yakni tempat berlangsungnya perundingan antara Pemerintah RI dengan Belanda pada 11-13 November 1947. Keberadaan Gedung Naskah tersebut, merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini, bahkan tidak saja wisatawan domestik tapi juga setiap tahunnya dikunjungi wisatawan mancanegara khususnya dari Belanda dan Inggris.(A-164/A-26)***
 
Sumber : pikiran-rakyat 
 
 

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Unknown pada 11.28. dan Dikategorikan pada , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

0 komentar untuk Obyek Wisata Siapkan Atraksi Lebaran

Tinggalkan Komentar

BOGOR

.

BEKASI

Pengunjung Online

Jumlah Pengunjung

2010 Lintas Kuningan. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Kuningan