Kemarau Tiba, Ratusan Ha Sawah Kekeringan

Tibanya musim kemarau tahun ini mengakibatkan puluhan hektare lebih lahan sawah yang tersebar di beberapa wilayah di Kabupaten Kuningan dilanda kekeringan. Akibat kondisi ini, sebagian petani tidak bisa menanami lahan sawahnya dengan padi, Namun, tidak sedikit pula yang lahannya sudah kering kerontang, sehingga tidak bisa ditanami dan dibiarkan kosong.

Menurut Kepala Desa Cihirup, H Royana kepada Kuningan News, Kamis (8/8) mengatakan, saat ini banyak lahan sawah yang dilanda kekeringan. Hal ini karena lahan sawah di desamya merupakan tadah hujan, walaupun memiliki saluran irigasi teknis yang diperoleh dari pemerintah, tidak mencukupi untuk mengairi sawah yang kering.

"Akibat dilanda kekeringan, saat ini sebagian masyarakat lebih memilih membiarkan lahan tidak ditanami karena sudah kering,"ujarnya.

Setiap musim kemarau tiba kata Royana, permasalahan di desanya sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Dari pendataan di lapangan, lahan sawah yang sudah mengalami kekeringan, kurang lebih puluhan hektare yang tersebar dibeberapa dusun," katanya.

Sementara, menurut Arif Ahmad ,salah seorang warga desa Cigarukgak menjelaskan, datangnya musim kemarau yang diperkirakan cukup panjang ini berdampak pada pasokan air ke sawah menjadi minim. Khusus disini, banyak yang tidak bisa bercocok tanam karena saluran irigasi teknis terbatas.

“Warga disini masih beruntung, karena bila musim kemarau tiba dan pasokan airnya minim, masih bisa tanam palawija,"tuturnya.

Untuk mengatasi ini kata Arif, pihaknya akan berupaya melakukan beberapa langkah dengan menyiasati strategi pola tanam. Apabila sebelumnya pola tanam yang digunakan itu padi-padi-palawija, dirubah padi-palawija-palawija karena kondisi alam. "Kami menyarankan agar petani bisa tanam kedelai. Tapi berdasarkan pantauan di lapangan, petani seakan enggan menanam kedelai dengan alasan bervariatif, seperti harga masih murah atau karena kualitasnya kalah bersaing dengan kedelai impor,"ujarnya.
 

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Bang Apooh pada 09.01. dan Dikategorikan pada , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

0 komentar untuk Kemarau Tiba, Ratusan Ha Sawah Kekeringan

Tinggalkan Komentar

BOGOR

.

BEKASI

Pengunjung Online

Jumlah Pengunjung

2010 Lintas Kuningan. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Kuningan