Meski Kemarau, Pasokan Air Tetap Melimpah

Memasuki musim kemarau tahun ini, puluhan hektare lebih lahan sawah yang ada di kawasan timur Kuningan dilanda kekeringan. Namun kondisi itu tidak terjadi di wilayah Kuningan lainnya, seperti di Kecamatan Jalaksana, Cilimus dan Cigandamekar. Pasokan air untuk areal persawahan di tiga kawasan tersebut terlihat masih melimpah.

Pantauan Kuningan News, Selasa (13/9), melimpahnya pasokan air di tiga kawasan itu karena dekat dengan sumber mata air. Di Kecamatan Jalaksana misalnya, daerah itu cukup dekat dengan mata air Cibulan. Begitu juga di Kecamatan Cilimus yang berdekatan dengan beberapa sumber mata air kaki Gunung Ciremai. Sementara untuk Kecamatan Cigandamekar berdekatan dengan sember mata air yang ada di Sangkanurip.

Salah seorang petani asal Kecamatan Cigandamekar, Dawud (54), menuturkan dirinya mengaku belum mengalami dampak kekeringan di musim kemarau yang saat ini sedang terjadi. Pasalnya, pasokan air untuk areal sawah di daaerahnya masih relatif stabil. “Alhamdullilah Mas, di daerah areal persawahan saya pasokan airnya tetap bagus, meskipun saat ini sedang mengalami musim kemarau,” ujarnya kepada Kuningan News, saat ditemui di areal persawahan miliknya.

Hal senada disampaikan Romli (47), petani asal Kecamatan Jalaksana. Dia mengungkapkan belum mengalami masalah berarti akibat musim kemarau. Bahkan hasil panen dari sawah miliknya lebih meningkat jika dibandingkan dengan musim penghujan. Pasalnya, kondisi ini membuat dirinya lebih bisa mengontrol pengaturan air. Dia kemudian mencontohkan, warga Desa Manis Kidul dan Babakan Mulya Kecamatan Jalaksana yang ada di lereng Gunung Ciremai, memiliki tradisi khusus untuk menghargai air sebagai sumber kehidupan. “Setiap tahunnya warga di sekitar daerah kami memiliki tradisi dengan cara mengadakan syukuran untuk menghargai air, yaitu dengan sebutan Kawin Cai. Hal ini adalah sebagai bentuk dari syukuran warga yang dekat dengan sumber air,” pungkasnya. 
 

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Bang Apooh pada 14.26. dan Dikategorikan pada , , , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

0 komentar untuk Meski Kemarau, Pasokan Air Tetap Melimpah

Tinggalkan Komentar

BOGOR

.

BEKASI

Pengunjung Online

Jumlah Pengunjung

2010 Lintas Kuningan. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Kuningan