Pedagang Es Cuing Minta Perhatian Pemerintah

Cuaca panas di siang hari seperti yang sering terjadi akhir-akhir ini, membuat minuman dingin menjadi favorit sebagian besar warga. Hal ini tentu menjadi peluang tersendiri bagi para pedagang Es untuk meningkatkan pendapatannya, termasuk di dalamnya pedagang Es Cuing. Namun sayang, meski cukup berpeluang rata-rata mereka terkendala oleh minimnya modal.

Hal tersebut seperti yang diutarakan Sapari (30), salah seorang pedagang Es Cuing asal Kecamatan Cidahu, Kabupaten Kuningan, yang biasa berjualan di kawasan Kuningan kota. Dia menuturkan, memasuki musim kemarau ini usaha yang ia jalani sebenarnya sedang mengalami peningkatan gairah. Namun karena keterbatasan modal, Sapari mengaku kesulitan untuk mengembangkan usahanya.

“Lumayan Mas, untuk penjualan saat ini meningkat dibandingkan dengan musim hujan kemarin. Tapi tetap saja pemasukan yang saya peroleh segitu-gitu saja, karena kurangnya modal. Selain itu saya juga sering kesulitan untuk mencari bahan baku pembuatan Es Cuing,” ujarnya saat ditemui Kuningan News di Jalan Ir H Juanda, Selasa (13/9).

Ditambahkan Sapari, kesulitan bahan baku terjadi karena pohon Cuing yang ada di daerahnya, kebanyakan sudah dipesan oleh bandar Es Cuing dari luar kota Kuningan. Mereka antara lain datang dari Jakarta, Depok dan Bandung. Tak ayal, Sapari pun harus kerja keras mencari bahan baku hingga ke dareah Darma. “Saya sampai harus mencari bahan baku ke Kecamatan Darma Mas, karena di tempat saya sudah dikuasai oleh bandar dari luar kota,” terangnya. Lebih jauh Sapari menuturkan, terkait kesulitan modal yang ia alami sekarang sebenarnya sudah ada pihak yang menawarkan jasa pinjaman. Akan tetapi dia tidak bersedia memanfaatkannya, karena syarat dan bunganya terlalu memberatkan. “Selain bunganya besar, syaratannya juga ribet Mas. Jadi saya berharap kepada pihak pemerintah Kuingan (Pemkab, red) untuk memperhatikan pedagang kecil seperti saya ini,” pintanya.
 

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Bang Apooh pada 14.29. dan Dikategorikan pada , , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

0 komentar untuk Pedagang Es Cuing Minta Perhatian Pemerintah

Tinggalkan Komentar

BOGOR

.

BEKASI

Pengunjung Online

Jumlah Pengunjung

2010 Lintas Kuningan. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Kuningan